Tips Memilih Pembalut Yang Aman

Seperti apa pembalut yang aman bagi wanita ?

Sekarang ini, begitu banyak pilihan merk pembalut wanita, dengan keunggulan masing-masing. Aroma, warna, dan bentuknya pun beragam. Belum lagi banyaknya iklan di media massa yang menawarkan berbagai kelebihan pembalut wanita. Itu membuat kita bingung menentukan pilihan. Tetapi kita harus tetap waspada, sebab tidak semua pembalut aman bagi kesehatan organ intim kaum perempuan. Apalagi, jika kebersihan kurang terjaga, pembalut bisa jadi pemicu munculnya infeksi, iritasi, atau vaginitis (radang vagina) bahkan kanker serviks. Bagaimana memilih pembalut yang aman bagi kesehatan organ reproduksi kaum perempuan?
  1. Pilihlah pembalut yang berdaya serap tinggi.
  2. Pilihlah pembalut yang  tidak lembab pada permukaannya ketika dipakai. Darah haid keluar lebih banyak pada hari-hari pertama sehingga apabila pembalut kita terasa lembab ketika dipakai maka jamur dan bakteri akan tumbuh subur. Termasuk rasa gatal pun bisa timbul. Rasa gatal yang berlebihan membuat orang tak tahan ingin menggaruknya. Sedangkan bila digaruk, permukaan kulit akan lecet, terbuka, dan meradang.
  3. Pembalut pun harus nyaman dipakai, agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itu, pilihlah pembalut tipis dengan daya serap yang dapat diandalkan.
  4. Pilihlah pembalut yang tidak mempunyai aroma tertentu. Wangi-wangian pada pembalut justru mengandung bahan kimia yang dapat menimbulkan gatal dan iritasi pada permukaan kulit.
  5. Saat membeli pembalut, pastikan kemasan barang yang kita beli dalam keadaan baik dan tertutup rapat dan ada exp datenya.
  6. Pilihlah pembalut dari bahan sangat lembut dan lentur. Ini akan mengurangi faktor iritasi pada daerah kulit vagina.
  7. Pastikan pembalut yang kita pilih bukan terbuat dari kertas daur ulang (pulp). Untuk memastikan terbuat dari apakah pembalut kita, cukup dengan merobek pembalut yang kita pakai dan diambil bagian dalamnya, masukkan ke dalam segelas air, aduk sebentar. Apabila bagian pembalut yang kita masukkan tersebut hancur dan airnya berubah menjadi keruh maka berarti pembalut yang dipakai terbuat dari pulp yang sangat berbahaya karena mengandung zat kimia berbahaya dan dapat mengakibatkan berbagai peradangan hingga kanker serviks.
  8.  
    Info mengenai Pembalut yang Aman bisa ada baca DI SINI !!!

0 comments:

Post a Comment